4 Cara Jitu Memulai Berbisnis di Marketplace bagi Pemula

Kemajuan digital seolah mereduksi batas-batas wilayah. Satu dan yang lainnya bisa terhubung hanya bermodalkan ponsel genggam saja.

Dalam hal pemasaran, para pelaku bisnis menggunakan kesempatan ini untuk mempermudah pekerjaannya. Mereka tidak lagi diharuskan bertatap muka untuk melakukan transaksi.

Namun, pada waktu yang sama membuat persaingan semakin pelik. Sebagai solusinya, Anda perlu mengetahui bagaimana cara berbisnis di marketplace bagi pemula agar cepat mendapatkan penjualan.

Cara Bisnis di Marketplace untuk Pemula

Bisnis di shopee bagi pemula

Sebagai seorang pemula, Anda perlu mengerti apa yang akan Anda lakukan untuk dapat meningkatkan penjualan di shopee ataupun tokopedia. Coba cek cara dibawah berikut ini.

Memilih marketplace utama

Anda harus menetapkan satu marketplace utama terlebih dahulu. Ini penting dilakukan demi keperluan riset. Perlu dipahami, setiap marketplace memiliki budaya dan pola persaingan yang berbeda. Sebagai pemula, pilihlah situs yang sekiranya Anda yakin dapat bertahan di dalamnya.

Kelak, setelah jualan Anda stabil, sangat direkomendasikan untuk merambah ke marketplace lain. Tujuannya agar target market semakin luas. Hanya saja, jika Anda merasa kurang mampu memanajemen banyak toko online, sebaiknya cukupkan di marketplace awal atau cari admin guna membantu penjualan.

Menentukan produk

Menjadi reseller adalah keputusan tepat bagi Anda yang belum memiliki modal awal. Dengan catatan, harus menemukan supplier terpercaya. Namun, lebih bagus lagi jika Anda menyiapkan modal pribadi. Ini akan memudahkan dalam hal transaksi sebab Anda langsung yang memproses setiap pesanan.

Selanjutnya, Anda bisa memulai riset. Hindari memilih produk secara asal. Caranya, manfaatkan mesin pencari untuk mengetahui produk-produk yang akan terus dicari sampai beberapa tahun ke depan. Gunakan pula kolom pencarian pada marketplace pilihan Anda untuk mengetahui kompetitor.

Mulailah berjualan

Pastikan Anda melengkapi semua kolom informasi yang tertera pada marketplace. Ini cara berbisnis di marketplace bagi pemula yang kadang tidak terlalu diperhatikan. Jangan mengisi kolom detail produk secara asal-asalan. Itu berpotensi menurunkan minat calon pembeli.

Posisikan diri sebagai calon pembeli, kira-kira apa hal yang paling Anda harapkan ketika hendak memulai suatu transaksi. Terapkan teknik copywriting pada jualan Anda. Kalau belum tahu, silakan pelajari lewat internet.

Sebelum itu, tentukan nama toko online. Jika Anda hanya menjual satu jenis produk, katakanlah pakaian muslim, maka sebaiknya toko Anda mencerminkan hal tersebut. Harapannya, calon pembeli akan paham hanya dalam sekali lihat. Namun, hindari membuat nama yang terlalu pasaran.

Rajin promosi

Berdayakan sosial media untuk mempromosikan jualan. Buatlah akun khusus, jangan menggabungkannya dengan milik pribadi. Ajak teman dan keluarga untuk memesan kebutuhan relevan di toko Anda. Jangan malu dan konsistenlah.

Sebagai seorang entrepreneur Indonesia, Anda memang perlu jeli dalam melihat peluang. Selain itu Anda harus rajin juga belajar mengenai pemasaran yang tepat agar bisnis Anda bisa berjalan.

Penjual yang sukses bermula dari satu tindakan nyata yaitu riset. Setiap produk sudah memiliki pasar tersendiri. Anda hanya perlu mencari tahu peluang paling besar dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Jangan malas belajar guna menambah wawasan. Kuncinya, buat pembeli nyaman dan percaya pada toko Anda. Itulah cara berbisnis di marketplace bagi pemula.