Cara Membuat Keripik Tempe Enak dan Renyah

Keripik tempe merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar tempe. Cara membuat keripik tempe in sangatlah mudah. Hanya dengan digoreng hingga kering dan diiris tipis dengan campuran bumbu rempah yang pas akan menghasilkan rasa yang gurih nikmat. 

Saat ini banyak sekali varian keripik tempe yang dijual di pasaran. Mulai dari varian keju, balado, pedas manis, asin, dan lainnya. Banyak sekali pecinta makanan cemilan satu ini. Buktinya, makanan ringan satu ini dijual hampir di seluruh antero jawa. 

Resep Keripik Tempe Gurih dan Enak

cara membuat keripik tempe

Bahan : 

  • Tempe Iris tipis
  • Tepung Beras ¼ Kg
  • Bawang Putih 5 Siung
  • Kendur 2 ruas
  • Kemiri 5 Butir
  • Daun Jeruk 2 Lembar
  • Bubuk Ketumbar 1 Bungkus
  • Garam 
  • Kaldu Ayam atau Sapi 2 Bungkus
  • Air 1 Liter

Cara Membuat Adonan : 

  1. Tumbuk halus bawang putih, daun jeruk, kemiri, dan kencur.
  2. Tuangkan tepung beras dan masukkan bumbu yang telah ditumbuk halus. 
  3. Masukkan ketumbar bubuk dan garam, kemudian tuang air sambil diaduk hingga merata. 
  4. Adonan Selesai.

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak goreng dengan api sedang. 
  2. Setelah minyak panas, masukkan satu persatu irisan tempe kedalam adonan. 
  3. Setelah itu goreng keripik sampai kriuk. 
  4. Angkat dan tiriskan keripik tempe yang telah matang.
  5. Keripik siap disajikan. 

 

Peluang Bisnis Keripik Tempe

cara membuat keripik tempe

Usaha ini sudah menjadi trend saat ini. Kenapa? Karena usaha ini sangat menguntungkan dan banyak yang minat. 

Untuk menjalankan usaha ini, anda tidak perlu khawatir dengan keadaan di sekitar anda. Karena apa? Usaha ini tidak mengenal waktu dan musim. 

Prospek Bisnis Keripik Tempe

Prospek saat menjalankan bisnis keripik tempe bisa dikatakan sangat bagus. Bisnis yang menjual keripik tempe ini dapat diolah unik dan baru dengan varian rasa yang lebih menyatu dengan lidah masyarakat Indonesia, sehingga cocok dijalankan di berbagai daerah di Indonesia.

Dengan sentuhan kreativitas dan mengembangkan inovasi membuat olahan tempe semakin menguntungkan.

Meski bisnis makanan satu ini sudah ada sejak lama, namun antusiasme masyarakat terhadap bisnis keripik tempe masih sangat besar.

Tentu saja, opsi bisnis keripik tempe ini dapat dijadikan sebagai salah satu jenis bisnis dengan prospek yang sangat baik.

Memulai Bisnis Keripik Tempe

Jika Anda sudah memutuskan memulai dan mengembangkan bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan, yang pertama adalah besaran modal.

Dalam menjalankan bisnis keripik tempe ini, sebenarnya modal yang Anda butuhkan tidak besar.

Bisnis keripik tempe ini dapat dijalankan dengan memproduksinya secara langsung dengan memanfaatkan perabotan dapur rumahan yang sudah Anda miliki.

Untuk mengemasnya anda dapat menggunakan alat press plastik atau sering disebut dengan vacuum sealer

Anda tidak perlu sibuk mencari modal tinggi untuk bisa terlibat dalam bisnis keripik tempe ini, sehingga Anda bisa memulai dengan langkah mudah.

Bisnis Keripik Tempe

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, bisnis populer ini dapat dijalankan oleh siapa saja. Proses pengolahan dan pemasaran keripik tempe itu sendiri juga tidak sulit.

Konsumen

Untuk menemukan konsumen Bisnis Anda, tidaklah sulit, sensasi dan rasa yang lezat serta kreasi tampilan cantik dan unik pada keripik dapat menarik banyak orang.

Mulai dari lapisan anak kecil, remaja, dewasa, dan bahkan orang tua akan menyukai kelezatan yang ditawarkan dalam hidangan keripik tempe yang gurih dan renyah yang anda buat.

Jadi konsumen keripik tempe tidak dibatasi, jadi camilan ini akan laku di pasaran, tergantung bagaimana cara Anda mengolahnya sesuai dengan kreativitas Anda.

Tempat Strategis untuk Berjualan

Untuk menjual keripik tempe buatan sendiri, Anda bisa memilih lokasi yang sekiranya tepat, strategis, dan ramai dikunjungi banyak orang.

Anda dapat menjalankan bisnis keripik tempe ini di daerah perumahan, pusat perbelanjaan seperti pasar tradisional dan pasar swalayan, Kantin sekolah atau di kampus, area perkantoran, tempat wisata, dan lain sebagainya.

Bahan Baku

Dalam menjalankan bisnis makanan ringan ini dibutuhkan bahan baku untuk mulai menjalankan proses produksi. Pemilihan jenis bahan baku utama keripik tempe dapat dipilih dari bahan baku kedelai yang berkualitas baik.

Harga Jual Keripik Tempe

Patokan harga keripik tempe bisa dibuat dalam hitungan per bungkus dimana biasanya camilan ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 8.000,- hingga Rp 20.000,-.

Dengan harga yang terjangkau ini memungkinkan orang untuk tertarik membeli dan mencoba mencicipi olahan keripik tempe yang anda buat. 

Keuntungan dalam Menjalankan Bisnis Keripik Tempe

Keuntungan jika Anda terjun dalam bisnis ini adalah salah satu tempe yang paling dicari oleh seluruh kalangan masyarakat, dengan kisaran harga yang rendah dan terjangkau untuk semua orang.

Varian rasa keripik tempe yang disukai oleh banyak orang dengan beragam rasa dan juga lezat membuat peluang bisnis keripik tempe ini cocok sebagai pilihan bisnis makanan yang sangat menjanjikan.