Mengenal Sejarah Kelinci Giant

Saat ini semakin banyak orang yang menyukai hewan dan ingin memeliharanya. Selain anjing dan kucing nyatanya kelinci juga bisa menjadi hewan peliharaan yang cukup menarik juga.

Yang perlu kamu tahu sama halnya dengan kucing, kelinci juga memiliki berbagai jenis yang dapat dipelihara di rumah. Misalnya seperti jenis kelinci anggora, kelinci lop dan kelinci rex.

Kelinci-kelinci tersebut mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda. Bahkan ada jenis kelinci Netherland Dwarf merupakan kelinci yang paling kerdil dengan berat sekitar 900 hingga 1000 gram saja. Bila kelinci jenis Netherland Dwarf ini merupakan jenis kelinci yang paling kecil. Perlu kamu tahu ada juga jenis kelinci dengan ukuran yang sangat besar atau raksasa.

Kelinci berukuran besar tersebut adalah jenis kelinci Giant Flemish, atau juga sering disebut dengan kelinci giant. Karena keunikan dari kelinci giant ini sehingga banyak orang yang penasaran bagaimana sejarah kelinci giant ini. Sehingga disini kita akan membahasnya.

Kelinci giant seperti kelinci german giant merupakan jenis kelinci domestik yang dapat tumbuh hingga lebih dari 50 cm dengan berat hingga 10 kilogram. Karena ukurannya yang besar ini sehingga banyak orang yang ingin mengembangbiakkannya. Atau dijadikan sebagai peliharaan.

Sejarah kelinci flemish giant ini berasal dari Flanders, salah satu wilayah yang ada di kerajaan Belgia dan untuk pertama kali dia dijumpai pada sekitar abad ke 16. Sejarah menulis bahwa kelinci giant tersebut telah dibawa oleh para pedagang yang baru kembali dari daerah Flanders bertujuan Perancis di tahun 1860.

Mulanya kelinci jenis ini dimanfaatkan bulu serta dagingnya saja untuk santapan para pedagang serta pelancong selama ada di perjalanan memakai kapal. Sehingga jenis kelinci giant ini akhirnya banyak diminati lalu diperjualbelikan.

Tetapi nyatanya kelinci giant ini mempunyai tulang yang besar dan juga membutuhkan banyak makanan untuk membawanya. Karena hal tersebut kelinci giant tidak lagi dipasarkan untuk dimakan dagingnya.

Pada saat ini kelinci giant telah menjadi hewan domestik atau dijadikan sebagai hewan peliharaan dengan ukuran yang paling besar. Ini juga berdasarkan karakter dari kelinci giant yang ramah dan mudah jinak. Tetapi karena ukurannya yang sangat besar dibandingkan jenis kelinci lainnya sehingga membutuhkan perawatan khusus untuk memeliharanya.

Hal yang paling penting bila kamu ingin memeliharanya persiapkan kandang dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan kandang kelinci biasanya. Itulah pembahasan tentang sejarah kelinci giant yang bisa kamu pelajari dan mengerti.