Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sebuah pepatah mengatakan bahwa one apple a day makes doctor away. Hal ini karena manfaat buah apel bagi kesehatan dan kecantikan memang besar. Mengkonsumsi satu per hari akan membuat Anda jauh dari dokter.

Selain tinggi vitamin dan kalsium, apel juga kaya akan serat. Buah dengan rasa manis dan sedikit rasa asam ini bagus dikonsumsi baik anak-anak maupun orang dewasa. Teksturnya yang renyah juga membantu pertumbuhan gigi pada anak.

 

buah apel

Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu kandungan apel yang paling tinggi adalah senyawa polifenol. Senyawa ini terbukti ampuh dalam upaya pencegahan penyakit jantung. Sebab senyawa ini dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Bukan hanya itu, kandungan flavonoid epicatechin dalam buah apel juga efektif guna penurunan tekanan darah. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari kemungkinan penyakit penyumbatan pembuluh darah atau yang dikenal dengan nama stroke. 

Untuk mendapatkan manfaat dari kedua senyawa ini, maka jangan buang kulit buah apel. Jadi Anda tidak perlu mengupasnya. Anda hanya perlu mencucinya sampai bersih dengan air mengalir dan konsumsi seperti biasa.

Menurunkan Berat Badan

Apel juga memiliki kandungan serat dan air yang tinggi. Seperti yang Anda ketahui, serat sangat baik untuk pencernaan sehingga mampu meningkatkan kemampuan mengolah makanan. Selain itu, kandungan serat dan air dalam apel juga tinggi sehingga membuat tubuh terhidrasi dengan baik.

Tidak berhenti di situ, kandungan serat dan air juga mengisi perut Anda dalam waktu yang cukup lama sehingga Anda tidak mudah lapar. Kemampuan mengontrol rasa lapar ini akan menekan keinginan untuk makan berlebihan sehingga berat badan bisa tetap terjaga.

Tinggi Antioksidan

Sudah lama apel dikenal sebagai buah yang kaya akan antioksidan. Hal ini karena di dalam buah apel terdapat kandungan beta karoten yang tinggi. Selain bagus untuk mata, kandungan ini juga ampuh untuk mencegah penyakit kognitif misalnya Alzheimer.

Antioksidan juga sangat bagus untuk menangkal radikal bebas sehingga bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Antioksidan juga bagus sebagai pencegah terjadinya penyakit kanker. Maka tak heran jika buah apel banyak digunakan untuk segala macam produk. 

 

Agar manfaat buah apel bisa dirasakan secara optimal maka Anda harus rutin mengkonsumsinya setiap hari. Selain itu, penyimpanan buah apel juga harus benar agar kesegarannya selalu terjaga. Apel bisa bertahan di suhu ruang hingga 2 minggu lamanya.