Cara Membuat Septic Tank Anti Penuh Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan

Septic tank yang menjadi tempat pembuangan sekaligus pengolahan akhir amat diperlukan oleh setiap rumah. Tiap WC yang sangat dibutuhkan orang akan berakhir di septic tank. Karena satu atau beberapa sebab, septic tank cepat penuh. Untuk mencegah hal ini ada enam hal yang mesti diperhatikan sebagai cara membuat septic tank anti penuh. Langsung saja simak enam hal tersebut.

 

1. Kemiringan Pipa

Ternyata letak kemiringan pipa ialah cara membuat septic tank anti penuh yang pertama. Selisih antara ketinggian kloset dan bagian atas bak penampungan kotoran paling sedikit ialah dua persen. Jadi, tiap satu meter pipa harus ada beda tinggi kurang lebih dua cm. Jadi pemilik rumah harus mengatur ketinggian pipa ini agar aliran menuju septic tank tidak ada gangguan. Makin miring pipa, aliran akan makin lancar tetapi tetap letaknya harus tepat.

septic tank

2. Memilih Pipa yang Tepat

Pilihan pipa ternyata mempengaruhi kelancaran aliran ke septic tank. Pakailah pipa PVC dengan ukuran paling sedikit empat inch. Untuk rumah yang punya banyak WC, pakailah pipa dengan ukuran yang lebih besar.

Perencanaan saluran paling baik dibuat lurus tanpa ada belokan yang bisa membuat aliran mampat. Pada tahap ini terlihat proses perencanaan sangat penting. Gunakan pipa kualitas baik supaya tidak sering mengganti.

3. Menyesuaikan Kapasitas Septic Tank

Cara membuat septic tank anti penuh yang ketiga adalah menyesuaikan kapasitas septic tank. Septic Tank untuk rumah tangga yang terdiri dari empat orang dapat memakai ukuran panjangnya 2 meter, lebarnya 1,5 meter, tingginya 1,5 meter. Penampung endapan resapan dapat memakai ukuran panjangnya 1 meter, lebarnya 1 meter dan tingginya 2 meter. Jika rumah penghuninya makin banyak, ukuran septic tanknya juga makin besar.

Ukuran yang tepat perlu diterapkan agar nantinya jika terjadi kemampetan tidak perlu membongkar septic tank. Biasanya septic tank yang sering mampet ukuran dan jumlah penghuni rumah memang tidak seimbang.

4. Bak Tampung Harus Punya Aliran Baik

Harus diketahui. bak penampung ada dua, yang pertama tertutup dan air akan disalurkan ke bak kedua agar tak cepat penuh. Bak kedua bagian bawahnya langsung tanah agar air bisa meresap. Bahan yang dipakai untuk bak penampung haruslah kuat serta awet.

Pilihlah bahan bak yang tahan terhadap karat, kedap air serta awet agar bakteri pengurai bisa bekerja dengan baik. Pilih juga yang konstruksinya kuat karena konstruksi tersebut harus menahan daya tekan air dan limbah. Bila konstruksi tidak kuat, septic tank akan cepat bocor dan limbah kotoran bisa mencemari air sumur.

5. Mempertimbangkan Tambahan Septic Tank

Jika pemilik rumah akhirnya sadar septic tank di rumahnya terlalu kecil dan tidak imbang dengan penghuni rumah, cara membuat septic tank anti penuh bisa dengan cara menambahkan septic tank yang lain. Nantinya akan ada dua jalur untuk pembuangan jadi septic tank yang ada tidak cepat penuh. Ini jalan keluar bagi yang septic tanknya tidak memadai dan masih ada lahan kosong di rumahnya.

6. Memakai Bahan Kualitas Baik

Ada baiknya jika pemilik rumah yang mau membangun septic tank membanding-bandingkan harga dan kualitas bahan pembuat septic tank. Jika bisa pakailah bahan yang paling baik untuk septic tank. Jika asal memakai bahan yang murah tanpa memperhatikan kualitas, akan ada persoalan jika bakteri keluar karena kebocoran.

Oleh karena itu, akan berakibat septic tank cepat penuh karena bakteri tidak bisa bekerja dengan layak. Cobalah cari yang berkualitas baik tetapi harganya cukup murah. Untuk mendapatkan produk terbaiknya, bisa di https://www.suryafibertek.co.id/septic-tank-biotech/ saja.

 

Demikianlah enam cara membuat septic tank anti penuh yang patut dipertimbangkan. Dewasa ini ada produk baru bernama Septic Tank Bio yang layak dipertimbangkan sebagai septic tank anti penuh karena dilengkapi media pengurai serta penyaringan tinja yang dirancang sehingga proses penguraian maksimal.