Panduan Cepat untuk Mengenal HTML

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language. Ini adalah bahasa standar yang digunakan untuk menulis halaman web, dan memberitahu halaman web cara menampilkan kontennya. Semua situs web membutuhkan HTML untuk berfungsi – tanpanya, tidak akan ada tampilan depan suatu website.

 

Apa yang dilakukan HTML?

HTML digunakan untuk membuat tata letak, desain, dan konten situs Anda. Kode HTML ini akan memberi tahu browser bagaimana mereka harus menampilkan situs web Anda. Anda dapat menggunakannya untuk apa saja mulai dari mengubah warna pada teks atau gambar hingga membuat seluruh bilah navigasi. Ada banyak tag pengkodean yang akan membantu proses ini: p, untuk paragraf, strong dan em untuk penekanan, bahkan hal-hal seperti daftar (ol) dan tabel (table) dapat ditambahkan.

Banyak efek non-visual untuk mendapatkan hasil maksimal dari HTML, Anda juga harus tahu tentang efek non-visual. Efek ini adalah hal-hal yang terjadi ketika halaman dimuat, dan tidak terlihat oleh mata manusia, tetapi itu tetap penting. Ini termasuk: tag meta – ini menggambarkan situs web atau blog Anda, dan sering digunakan untuk SEO (Search Engine Optimization).

Tag link – ini membantu browser Anda menemukan file di server lain! Banyak situs menggunakannya untuk menautkan ke font atau gambar, daripada memuat kode pada halaman.

Header HTTP – ini adalah cookie ini di browser, yang dapat mempengaruhi cara orang melihat situs Anda.

HTML menggunakan tag html untuk memulai dokumennya, dan juga ada tag /html untuk menutup atau mengakhiri bagian dokumen. Anda dapat menggunakan tag lain seperti title dan body untuk membuat judul halaman Anda, atau pesan yang memberi tahu orang apa yang ada di situs.

Anda dapat menggunakan tag-tag di bawah ini untuk menampilkan berbagai jenis konten :

  • Tag p untuk membuat paragraf
  • Tag b untuk huruf tebal
  • Tag i untuk miring
  • Tag em  untuk penekanan – secara pribadi, tag ini hampir sama seperti tag strong
  • Tag sup dan sub untuk superskrip dan subskrip

Tag-tag di atas adalah tag untuk pemformatan teks, sekarang Anda harus mulai menambahkan beberapa gambar.

Menggunakan gambar di situs web Anda sebenarnya cukup sederhana, kok. Anda cukup menggunakan tag img:

<-img src="/images/myawesomeimage.jpg" width="100" height="200" >

Atribut src memberi tahu halaman di mana menemukan gambar, width dan height memberi tahu seberapa besar gambar harus ditampilkan (dalam piksel). Tag gambar juga memiliki atribut judul, yang berfungsi seperti judul HTML. Anda juga dapat menggunakan gambar itu dalam paragraf.

Tertarik untuk belajar HTML lebih lanjut? Anda dapat menemukan banyak sekali tutorial HTML berbahasa indonesia atau bahasa inggris melalui internet. Selamat belajar!