Skoliosis: Faktor, Diagnosis dan Pengobatan

Skoliosis adalah kondisi tulang belakang yang mengalami pelengkungan sehingga menjadi tidak normal. Lebih sering dialami oleh anak dan remaja sebelum masuk ke usia pubertas. Meskipun bisa dibilang masalah yang cukup ringan namun siapapun harus tetap mewaspadainya sebab jika berkembang akan berakibat fatal. Oleh karenanya dianjurkan untuk melakukan pemindaian menggunakan sinar-X untuk dapat mengetahui bagaimana perkembangan dan resikonya.

Seseorang yang menderita skoliosis yang parah akan mengalami kesulitan dalam bernafas, merasakan nyeri serta mengalami bentuk yang tak normal pada tulang belakang dan tengkuk. Apabila masalah ini terus dibiarkan maka nantinya dapat mengakibatkan seseorang menjadi lumpuh. Oleh sebab itu anda perlu segera mensiasatinya agar tak menjadi sesuatu hal yang membahayakan.

Faktor resiko skoliosis

Beberapa faktor resiko skoliosis diantaranya adalah:

  • Usia. Skoliosis biasanya terjadi pada anak-anak, remaja dan lansia. Namun tak menutup kemungkinan terjadi pada rentang usia berapapun.
  • Jenis kelamin. Anak-anak perempuan biasanya mempunyai resiko skoliosis lebih besar dibandingkan dengan anak laki-laki.
  • Riwayat kesehatan keluarga. Meskipun jarang terjadi namun penderita yang lahir di keluarga yang anggota keluarganya banyak menderita skoliosis akan lebih beresiko mengalami skoliosis.

 

Diagnosis skoliosis

Diagnosis skoliosis perlu dilakukan untuk memastikan masalah yang dialami oleh seseorang. Dokter akan memperhatikan keadaan fisik bagaimana ia berjalan, berdiri, duduk, membungkuk dan kondisi syarafnya.

Dokter juga akan menggunakan rontgen dan CT scan untuk dapat mengetahui skoliosis lebih jauh dan mengetahui tingkat keparahan dan kelengkungan yang dialami.

 

Pengobatan skoliosis

Pengobatan skoliosis ringan biasanya tidak diperlukan namun sebaiknya tetap mendatangi dokter setiap 6 bulan sekali guna mengecek dan memastikan bahwa skoliosis tidak menjadi semakin parah.

Untuk pengobatan skoliosis dilakukan dengan cara:

Operasi fusi tulang belakang

Operasi ini dilakukan dengan cara memasukan bahan serupa tulang pada bagian tulang belakang untuk menjaga posisi tulang belakang tetap normal. Ini dilakukan untuk penderita skoliosis yang telah parah.

Menggunakan penyangga

Ini biasanya dilakukan untuk anak-anak yang masih mengalami pertumbuhan tulang yang dipasangkan jika kelengkungan lebih dari 20 derajat.