Ciri-ciri Tanaman Singkong dan Umurnya Beserta Manfaatnya

Ubi kayu, ketela pohon atau singkong adalah perdu tropis dan subtropis tahunan dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Nah, pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi tentang ciri-ciri tanaman singkong dan umurnya beserta manfaat daun singkong.

Ciri-ciri Tanaman Singkong

Akar

Untuk mengetahui ciri-ciri tanaman singkong ini bisa dilihat dari akar singkong yang memiliki sistem perakaran berserat khusus. yaitu akar yang dapat berubah bentuk karena berbeda dengan fungsi aslinya.

Tanaman ini memiliki panjang rambut pada akar kurang lebih 50 cm dan panjang akar sekitar 30 cm, tergantung pada varietas serta jenis pohon singkong yang ada di taman. Singkong merupakan tumbuhan dikotil yang akarnya membengkak karena terdapat cadangan makanan di dalamnya.

Batang

Ciri-ciri tanaman singkong selanjutnya adalah batang singkong beruas-ruas dan memiliki lebar 2 sampai 4 cm, dan batang memiliki warna coklat pada permukaan batang, dan warna putih hingga kekuningan pada bagian dalam batang.

Daun

Ciri-ciri daunnya berbentuk melingkar dengan ujung daun runcing, permukaan rata dan tulang daunnya berjari-jari dan berjenis daun tunggal berwarna hijau. Tangkai daunnya panjang dan berwarna merah atau kemerahan.

Bunga

Bunga tanaman singkong ini tidak memiliki alat kelamin jantan maupun betina. Bunganya juga memiliki ukuran yang sangat kecil dan berwarna putih. Jumlah kelopaknya kurang lebih lima helai dan memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran bunganya sendiri dan juga memiliki warna hijau.

Umbi

Ukuran umbi singkong ini berdiameter dua hingga lima sentimeter dan panjang dua puluh hingga enam puluh sentimeter. Pada bagian daging umbi terdapat cairan getah yang biasanya berwarna putih, daging umbi berwarna putih dan agak kekuningan serta kulitnya berwarna coklat.

Bila kalian ingin memulai usaha dari singkong gunakanlah mesin keripik singkong dan mesin pemotong singkong untuk mempermudah proses pengolahan.

 

Manfaat Daun Singkong

1. Sumber Tenaga

Kandungan berbagai macam protein atau asam amino esensial yang terkandung dalam daun singkong merupakan sumber energi atau energi yang dapat bermanfaat bagi manusia. Asam amino esensial ini bisa membantu mengubah karbohidrat menjadi energi dan kemudian energi tersebut akan digunakan oleh tubuh dalam aktivitas sehari-hari.

2. Metabolisme Tubuh

Daun singkong ini juga banyak mengandung protein dan merupakan sumber yang kaya akan protein nabati. Protein nabati yang terkandung dalam daun singkong banyak mengandung vit B yang dibutuhkan tubuh sebagai penyusun sel-sel tubuh.

Sel-sel tubuh akan membentuk enzim yang dapat membantu dalam proses metabolisme di dalam tubuh manusia.

3. Sumber Antioksidan

Daun singkong juga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk mencegah dan menghilangkan zat radikal bebas dalam tubuh. Zat dari radikal bebas ini menjadi satu dari beberapa penyebab berbagai penyakit berbahaya seperti kanker.

4. Pencernaan

Anda juga pasti sudah tahu bahwa serat dari sayuran sangat baik untuk proses metabolisme sehingga dapat membantu Anda dalam upaya menyehatkan usus besar Anda. Daun singkong juga banyak mengandung serat yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Jika Anda mengkonsumsi daun singkong ini, maka pencernaan dalam tubuh Anda akan menjadi lebih baik.

 

Nah, Anda sudah mengetahui kandungan dan manfaat daun singkong ini. Mulai sekarang masukkan singkong ke dalam menu harian Anda dan keluarga untuk mendapatkan manfaat saat Anda mengkonsumsi daun singkong ini.

Itulah pembahasan kali ini tentang ciri-ciri tanaman singkong dan umurnya beserta manfaat daun singkong. Semoga bermanfaat.