Kenali KBLI Lebih Detail untuk Usaha Kamu

Biasanya pelaku usaha jarang ada yang mengetahui tentang KBLI kecuali ketika mereka dalam kondisi ketika mereka membutuhkan KBLI. Lalu apa itu KBLI ? KBLI adalah klasifikasi yang dipakai untuk membedakan aktivitas atau kegiatan ekonomi di Indonesia dalam beberapa bidang usaha yang berbeda berdasarkan jenis kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk barang atau jasa.

apa itu kbli

Sederhananya, KBLI adalah kode tertentu yang memudahkan untuk mengidentifikasi jenis usaha suatu perusahaan. Jadi perusahaan menentukan jenis usaha yang mereka jalankan lalu mereka mendapatkan kode yang mewakili jenis usaha yang mereka jalankan tersebut.

KBLI nantinya akan dimasukan ke dalam SIUP maksimal 3 kode saja. Karena terbatas pada 3 saja maka pelaku usaha harus secara bijak memilih yang tepat agar tidak terjadi kesalahan nantinya. Agar dapat terhindar dari kesalahan sebaiknya lakukanlah tips berikut ini:

Cari jenis usaha anda pada bagian pencarian di situs ukmindonesia.id. Ini adalah cara yang mudah karena anda tidak perlu mencari di buku KBLI yang amat menyulitkan.

Nantinya akan anda temukan sangat banyak sekali daftar pilihan yang mungkin layak anda pilih. Pilihlah setidaknya 5 hingga 10 saja. Nantinya pilihan tersebut harus didiskusikan dengan mitra usaha untuk memilih 3 yang paling sesuai.

Jangan lupakan mengenai visi dan misi perusahaan saat memilih karena kode ini tidak saja sebagai gambaran usaha saat ini namun juga berkaitan dengan pengembangan usaha kedepan. Ini dilakukan untuk menghindari mengubah-ubah dokumen nantinya yang justru akan menyulitkan nantinya.

Untuk beberapa usaha yang sangat spesifik terkadang tidak ada secara khusus tertera dalam KBLI dan saat mendaftar harus cukup jeli dan teliti. Contoh dalam hal ini adalah industri fashion line dimana fokus kegiatan usahanya adalah membuatkan desain seperti sepatu, anting, manik-manik, jaket, dan lainnya. Dalam produksinya menggunakan vendor yang dikontrak yang merupakan perusahaan lain yang tidak ada kaitan langsung secara kepemilikan maupun manajemen. Karena usaha fashion line ini tidak melakukan produksi barang sama sekali maka masuknya adalah ke KBLI 4771 (perdagangan eceran khusus pakaian, sepatu, dan barang dari kulit di toko).