Mengenal SmallPDF, Situs Multifungsi Untuk Pengolahan File PDF

PDF merupakan salah satu jenis file dokumen yang paling umum digunakan, contohnya untuk keperluan surat menyurat resmi, melamar kerja, slip gaji, atau beberapa lainnya. PDF cenderung lebih sering digunakan untuk dokumen yang dikirimkan ke pengguna lainnya yang menggunakan perangkat berbeda.

Hal ini dikarenakan apabila file yang dikirimkan menggunakan format seperti Word, maka dokumen bisa berpotensi acak-acakan karena adanya perbedaan versi yang digunakan. Berbeda dengan PDF, kamu tidak akan mengalami masalah itu. Bahkan, untuk membukanya kamu juga bisa menggunakan web browser.

Namun, beberapa kekurangan dari dokumen bertipe PDF umumnya adalah seperti tidak dapat diedit, memiliki ukuran file yang cenderung besar, tidak dapat dikonversikan ke format dokumen lainnya secara langsung, dan beberapa hal lainnya.

Jika kamu sering menggunakan file bertipe PDF, maka sebaiknya kamu mengetahui situs bernama smallpdf.com. Situs ini merupakan situs pendukung untuk dokumen PDF yang bisa digunakan secara gratis dan memiliki banyak fitur menarik yang bisa kamu ulik.

SmallPDF.com

Apa saja fitur yang dimaksud? Berikut penjelasan selengkapnya yang diulas dari Teknolagi.ID.

1.  Fitur Konversi PDF ke Word

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, masalah umum bagi pengguna PDF adalah dokumen yang tidak bisa diedit atau diubah. Namun, bukan berarti itu tidak ada solusi. Agar kamu bisa mengedit dokumen tersebut, maka kamu perlu mengkonversinya terlebih dahulu ke format Word.

Namun, sayangnya pada kebanyakan aplikasi PDF tidak dapat melakukan ini secara langsung. Solusinya, kamu bisa menggunakan situs SmallPDF untuk mengerjakan proses konversi dari PDF ke Word.

Kamu cukup melakukan drag and drop file yang ingin dikonversikan dan tunggu beberapa saat. Setelahnya file PDF akan berubah menjadi format word dan secara otomatis akan terdownload pada perangkat kamu.

Setelahnya, kamu bisa melakukan pengecekan apakah ada bagian yang perlu diperbaiki atau tidak. Jika dokumen PDF berisikan teks saja, umumnya hasil konversi tidak perlu banyak yang diedit. Namun, jika berisikan banyak media lainnya, maka kamu harus cukup sabar ya untuk melakukan pengeditan.

2. Fitur Menggabungkan PDF

Pada beberapa keperluan administrasi, biasanya ada beberapa dokumen yang harus dijadikan ke dalam satu file PDF. Tentu saja kembali lagi, ini tidak bisa dilakukan begitu saja dengan mayoritas aplikasi.

Namun, dengan fitur yang dimiliki situs SmallPDF.com, kamu bisa menggabungkan beberapa file menjadi satu file PDF baru. Kamu hanya perlu melakukan listing atau memilih file PDF mana saja yang ingin dijadikan satu.

Setelahnya, silahkan pilih urutan file sesuai yang kamu inginkan. Jika sudah selesai, maka kamu bisa memulai proses penggabungan file. Lamanya proses akan bergantung dengan jumlah halaman dan besaran beberapa file asli PDF yang kamu upload.

3. Fitur Tanda Tangan Digital

Di era pandemi saat ini, mayoritas dari kita diharuskan untuk sekolah dan bekerja dari rumah. Tentunya ada beberapa penyesuaian yang kita perlukan, salah satunya adalah dalam hal penandatanganan dokumen yang semula harus menggunakan pena secara langsung, kini bisa menjadi digital.

Sebenarnya sudah ada beberapa aplikasi yang bisa melakukan tanda tangan digital untuk dokumen PDF, namun tentu saja kamu harus melakukan download dan instalasi terlebih dahulu. Jika kamu merasa hal tersebut merepotkan, maka kamu bisa memanfaatkan fitur dari web SmallPDF.

Dalam proses penandatanganan dokumen digital ini nantinya kamu akan diberikan beberapa pilihan. Pertama, kamu bisa menggambar tanda tangan kamu menggunakan mouse. Kedua, mengetikkan tanda tangan dan memilih jenis font. Ketiga, kamu bisa mengupload tanda tangan asli kamu dalam bentuk foto.

4. Fitur Kompres PDF

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, masalah paling umum pada file PDF adalah ukurannya yang cenderung besar. Hal ini akan menjadi masalah apabila kamu disyaratkan untuk memiliki file dengan ukuran maksimal tertentu. Contohnya, saat kamu melakukan proses lamaran kerja.

Umumnya situs-situs lowongan kerja akan membatasi ukuran maksimal file yang bisa kamu upload. Dengan adanya SmallPDF, kamu bisa melakukan proses kompres PDF online untuk mendapatkan ukuran file yang jauh lebih kecil.

Kamu juga akan dipersilahkan untuk memilih jenis kompresi yang diinginkan. Jenis yang kamu pilih ini akan berpengaruh pada kualitas file PDF. Jika file PDF hanya berisikan tulisan, maka tidak akan terlalu terlihat perbedaannya. Namun, untuk gambar atau media lainnya maka akan sangat terlihat perbedaannya.

Jadi, dengan hadirnya situs SmallPDF, tentunya kamu akan lebih mudah dalam melakukan pengolahan file PDF. Tidak perlu khawatir akan keamanan file yang kamu unggah, karena SmallPDF akan secara otomatis menghapus semua file yang telah selesai diproses.