5+ Budidaya Louhan Cencu, Mudah Banget!

Budidaya louhan cencu atau benjol kelam merupakan budidaya ikan hias, kuncinya pada bagaimana merawat warna sisik tetap indah. Louhan cencu tidak hanya memenuhi pasaran lokal, tapi juga internasional.

Selain koi dan arwana, ikan louhan cencu juga disebut membawa keberuntungan. Berikut adalah cara ternak louhan cencu bagi pemula versi Suksespedia:

5+ Budidaya Louhan Cencu, Mudah Banget!

1. Kolam Budidaya Louhan Cencu

Ukuran kolam ideal adalah empat kali ukuran panjang ikan. Gunakan media seperti kaca penyekat jika ingin mengisi kolam beberapa ekor ikan supaya tidak berkelahi. Anda juga harus menyiapkan peralatan seperti aerator, filter, bebatuan, tanaman air, dan lampu UV.

Isi kolam dengan air yang sudah anda endapkan selama satu hari supaya pH kolam sesuai. Atur suhu 32-33 derajat celcius, sedangkan pH normal 6,5-7,5.

3. Pemberian Pakan Louhan Cencu

Jenis pakan yang bagus untuk louhan cencu adalah berprotein tinggi, yaitu udang kecil, pelet, kutu air, jangkrik, dan cacing sutera.

4. Seleksi Bibit Louhan Cencu

Louhan cencu modern punya harga jual lebih tinggi jika dibandingkan dengan louhan cencu klasik. Pertimbangkan terlebih dahulu jenis louhan cencu mana yang berpotensi memberi keuntungan.

Pilih bibit yang tidak cacat, punya tubuh panjang, kotak, dan bulat, serta jenong. Jika sudah berukuran 10 cm, anda bisa melihat tonjolan kepala serta corak mutiara.

5. Cara Memijahkan Louhan Cencu

Jika sudah menemukan induk tepat, proses pemijahan dapat anda lakukan ketika louhan cencu betina sudah tampak merekah pada bagian perut, berwarna terang, dan bagian perut belakang tampak buncit. Sedangkan louhan cencu jantan tampak selalu mengejar induk betina, ukuran lebih besar, sikap lebih agresif, dan tampak sudut tumpul pada bagian perut.

Siapkan kolam pemijahan, dan letakkan 1 indukan jantan dan betina pada satu kolam saja. Beri sekat terlebih dahulu, supaya ikan membangun chemistry. Proses pemijahan budidaya louhan cencu memakan waktu maksimal 2 hari.

6. Merawat Larva Louhan Cencu

Pindahkan indukan jantan jika sudah keluar telur. Telur menetas paling lama 50 jam, matikan filter supaya telur menetas tidak tersedot. Telur menjadi larva tidak perlu anda beri pakan selama tiga hari karena masih ada cadangan kantung telur. Pada hari keempat, beri kutu air yang sudah anda saring.

Nyalakan kembali filter supaya air tetap bersih, gunakan kain untuk menutup filter.

7. Panen dan Sortir Louhan Cencu

Lakukan sortir jika sudah 2 bulan, dengan cara sortir sesuai grade. Lakukan penyortiran per dua minggu, beri pakan jika sudah berusia 20 hari. Burayak ukuran 2,5 cm atau 1 inchi telah siap panen.