Alasan Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi

Ingin kuliah, namun masih bingung ingin memilih jurusan apa? Maka tidak ada salahnya memilih jurusan ilmu komunikasi. Pastinya anda akan bertanya-tanya kan mengapa harus memilih jurusan yang satu ini? Yuk simak alasannya di bawah ini.

Mempunyai Banyak Cabang Ilmu

Tentunya ada banyak cabang ilmu berakar pada ilmu komunikasi ini. Salah satunya cabang ilmu jurnalistik. Tentunya anda bisa belajar agar dapat menyampaikan pesan tertentu kepada masyarakat yang berbentuk berita, tidak hanya melalui media visual, namun media cetak. Kemudian ada desain komunikasi visual, yang mana anda akan belajar agar menyampaikan pesan ke media visual. Anda akan belajar bagaimana gambar, warna, dan suatu bentuk bisa memberikan sebuah pesan.

Ada pula cabang ilmu tentang hubungan masyarakat. Anda akan belajar dalam menyampaikan pesan dari perusahaan kepada perusahaan lain maupun kepada masyarakat. Tentunya pesan ini digunakan agar dapat membangun citra baik dari sebuah perusahaan. Hal ini menunjukkan jika ilmu komunikasi benar-benar luas, bahkan tak ada habisnya.

Bukan Hanya “Ngomong Aja”

Jika anda beranggapan ilmu komunikasi ini hanya butuh bicara aja, maka anda salah besar ya. Memang  Kemampuan berbicara adalah salah satu hal esensial dalam pembelajaran ilmu komunikasi. Tetapi mahasiswa ilmu komunikasi bukan hanya mempelajari skill berbicara saja, anda juga belajar agar menulis informasi dengan baik menggunakan teknik 5W+1H. Selain itu, anda juga dituntut supaya menulis atau berbicara berdasarkan fakta maupun data yang memang ada di lapangan.

Bahkan anda juga akan diajak berpikir kreatif ketika menyelesaikan masalah komunikasi. Tetapi anda juga perlu melakukan riset. Hal ini dikarenakan penyelesaian tersebut perlu dilaksanakan sesuai riset maupun data yang ada. Sebagai mahasiswa, anda juga akan menjadi open minded dari proses komunikasi yang telah dialami atau dipelajari. Tentunya proses komunikasi ini bisa membantu anda untuk memahami maksud dari orang lain ketika menyampaikan pesan.

Ilmu Komunikasi adalah Ilmu Sepanjang Hayat

Ilmu komunikasi adalah ilmu yang bisa dipelajari sepanjang hayat. Nah, dikarenakan terus terjadi di dalam kehidupan anda, tentu saja akan selalu ada berbagai hal baru dalam ilmu komunikasi. Seperti kemunculan media sosial sudah memperluas cakupan ilmu saat berkomunikasi. Ketika anda melihat zaman yang hingga kini terus berkembang, maka bisa dipastikan jika ilmu komunikasi bisa terus berkembang juga, yang mana proses ini akan selalu dibutuhkan oleh siapa saja dan kapan saja.

Ilmu Komunikasi akan Membantu Anda untuk Berwawasan Luas

Tentu saja ada banyak pengetahuan yang bisa anda dapatkan ketika mengambil jurusan ilmu komunikasi. Contohnya saja ketika anda belajar meliput suatu berita. Pastinya anda akan memperoleh pengetahuan baru ketika anda melakukan peliputan tersebut. Ketika anda belajar kehumasan, anda juga akan belajar menganalisis latar belakang dari suatu perusahaan yang mungkin saja jauh berbeda dengan ilmu komunikasi. Ketika mempelajari perusahaan tersebut, anda juga bisa mengerjakan tugas yang baik sebagai praktisi dari ilmu komunikasi. Selain itu, anda juga bisa belajar banyak hal tentang media dan teknologi.

Itulah tadi beberapa alasan mengapa anda bisa memilih jurusan ilmu komunikasi. Bagaimana, apakah anda tertarik? Nah, jika anda ingin sekali mendaftar kuliah, yuk pilih goKampus. Tidak hanya menawarkan berbagai kemudahan, tentunya anda juga bisa berkesempatan agar mendapatkan dana pendidikan yang bisa membantu anda dalam meringankan biaya kuliah. Semoga bermanfaat!