Perbedaan Food Blogger, Food Instagramer, dan Foodies

Hobi apapun yang kamu punya saat ini, bisa dikembangkan dengan mudah dan menghasilkan uang dengan bantuan internet. Termasuk hobi makan atau hobi berwisata kuliner, bisa kamu kembangkan menjadi profesi yang disebut dengan food blogger.

Bisnis kuliner juga semakin merajalela, terbukti dengan banyaknya café dan resto di hampir setiap wilayah di Indonesia yang membuat para blogger food ini bergerilya dalam mencari tempat makan dan menu makanan yang recommended.

Perbedaan Foodies, Food Instagrammer Food Blogger

foodies

Tak hanya menjadi seorang blogger food saja, tetapi kamu juga bisa menjadi foodies atau food instagrammer. Apa saja perbedaan ketiga profesi di bidang kuliner tersebut? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Food Blogger

Adalah seseorang yang mereview sebuah restoran, café atau tempat makan pinggir jalan untuk menceritakan bagaimana menu makanan yang disajikan di sana. Setelah difoto, makanan tersebut juga akan diulas di blog mereka pribadi.

Bagi para blogger food yang aktif ngeblog, tentunya akan membuat konten-konten kuliner yang menarik dan informatif.

Hal itu akan sangat membantu viewer atau audiens untuk mengetahui bagaimana sajian makanan di suatu tempat, harganya hingga rasa dan kelebihannya apa saja.

2. Food Instagrammer

Sesuai dengan namanya, profesi food instagrammer ini berkaitan langsung dengan media sosial instagram. Kurang lebih sama dengan food blogging, food instagrammer ini akan membuat review/ulasan suatu makanan, kemudian memposting fotonya di instagram.

Jika dalam food blogging yang ditingkatkan adalah isi tulisannya, dalam menggugah selera audiens maka untuk food instagrammer yang ditonjolkan adalah keunggulan dari hasil fotonya. Foto menjadi kekuatan para food instagrammer tersebut untuk menarik perhatian audiens.

3. Foodies

Seseorang yang disebut dengan foodies akan menggunakan beberapa platform, sebagai ekspresi kecintaan mereka pada makanan. Review makanan yang mereka buat pun ada di berbagai akun portal review makanan.

Namun mereka tetap memiliki akun instagram dan blog pribadi. Sebutan foodies ini ditujukan untuk orang-orang yang cinta mati pada makanan secara meluas. Ada yang fokus pada hasil foto makanan, rasa makanan, dan pendapatnya tentang tempat makan.

Kini, banyak pengusaha restoran yang menggunakan jasa ketiga profesi di atas untuk mempromosikan menu-menu spesial di sana, termasuk pada food blogger.